slide

Kamis, 08 September 2016

10 Tips Bermanfaat Agar Bisa Tetap Fokus walaupun Banyak Gangguan!



Pendawa centerAda saat-saat fokus dalam hidup Anda terpecah-belah. Hal ini ditandai dengan sikap suka menunda-nunda, gagal berkonsentrasi, dan akhirnya malas mengerjakan pekerjaan tepat waktu. Mungkin bisa hitungan jam, berhari-hari, atau sampai berbulan-bulan. Intinya di sini adalah Anda tampaknya mulai tidak dapat fokus dengan apa yang Anda kerjakan. Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk tetap fokus. pendawa center  menuliskan beberapa cara untuk tetap fokus saat mengerjakan pekerjaan Anda.
1. Singkirkan gangguan
Jika Anda ingin tetap fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan, maka selalu lebih baik jika Anda melepaskan semua gangguan lain yang Anda miliki. Ini termasuk mematikan ponsel seluler, televisi, gadget, atau hal lain yang mengganggu fokus Anda. Jika tidak, Anda akan terus-menerus terganggu.
2. Jangan sampai perut terasa lapar
Perut lapar adalah salah satu alasan mengapa Anda sulit fokus. Jangan abaikan perut Anda yang sedang keroncongan. Kembalilah duduk bekerja setelah Anda selesai makan atau sambil ditemani makanan ringan.
3. Memotivasi diri sendiri
Untuk memotivasi diri sendiri, Anda dapat melakukan hal-hal sederhana seperti sering membaca kutipan inspirasional atau puisi-puisi indah. Bacalah cerita pendek dari keberhasilan seseorang dalam mencapai karirnya dan belajarlah bagaimana seseorang dapat bertahan ketika sedang berjuang. Cara lain yang baik adalah untuk menempelkan kutipan motivasi singkat tepat di depan meja kerja Anda atau dimana pun Anda duduk untuk bekerja.
4. Tetapkan tujuan Anda
Sangat penting untuk menetapkan tujuan Anda dalam mengejar cita-cita. Tuliskan jangka pendek serta tujuan jangka panjang Anda. Ini akan membantu Anda untuk tetap pada jalur konsistensi dan tetap akan mengingatnya saat Anda kehilangan fokus. Juga, tuliskan semua tujuan tersebut dan menyimpannya di tempat Anda akan membacanya sehari-hari. Jika diperlukan, letakkan pada daftar tugas yang harus segera Anda selesaikan.

5. Berikan jeda
Saat pikiran sudah bekerja maksimal, maka Anda jangan pernah memaksakannya! Kadang-kadang, ketika pikiran Anda bebas mengembara, justru itu adalah waktu dimana Anda mendapatkan ide-ide yang luar biasa. Pikiran terlalu banyak bekerja hampir tidak ada gunanya bagi Anda.
Jadi santai, duduk di tempat tidur Anda dan biarkan pikiran Anda istirahat selama 10 menit. Biarkan pikiran Anda berlari ke mana pun ia ingin.
6. Tentukan batas waktu
Menetapkan batas waktu akan memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak waktu yang Anda butuhkan dalam mengerjakan tugas tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dalam waktu yang sudah Anda tentukan sendiri. Jika Anda cenderung mengulur lebih dari batas waktu yang telah ditetapkan, maka Anda sudah tahu ada sesuatu yang salah.
7. Memprediksi apa yang akan Anda capai
Ini adalah cara yang benar-benar efektif untuk membantu Anda tetap fokus. Apa yang Anda kerjakan saat ini? Apakah Anda menyelesaikan skripsi atau memulai bisnis? Bayangkan saja masa depan Anda mulai dari sekarang. Ini adalah teknik
Law of Attraction yang sudah banyak berhasil dipraktekkan banyak orang. Apa yang Anda lihat setelah menyelesaikan skripsi dan berhasil lulus dengan nilai memuaskan? Apa yang Anda dapatkan setelah Anda memulai bisnis Anda? Gambarkan semuanya, rasakan semua prestasi yang akan Anda capai sekarang.
8. Meditasi
Bermeditasi selalu membantu dalam memfokuskan pikiran Anda untuk berada di saat sekarang. Berlatihlah mengatur napas sederhana seperti menghirup napas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Tak perlu lama-lama, cukup 20 menit saja meditasi pagi bangun tidur dan malam menjelang tidur. Lihatlah, cara ini akan membantu Anda untuk tetap lebih fokus.
9. Jangan mengalihkan fokus pada hal lain
Kurangi aktivitas berinternet atau menghabiskan waktu di jejaring sosial. Ini hanya akan membuat Anda malas mengerjakan pekerjaan Anda dan akan mengulur-ulur waktu. Anda bahkan lupa pada cita-cita dan tujuan yang harus segera Anda kejar. Ini sama sekali bukanlah cara yang cerdas ketika Anda mencoba untuk tetap fokus dalam mengejar tujuan.
10. Mulai kebiasaan baru
Jika Anda ingin membawa perubahan dalam hidup Anda, maka lebih baik tanamkan sebagai kebiasaan mulai sekarang.
Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan atau ingin tetap bugar. Jadi, segera bergabunglah ke gym dan jadikan kebiasaan rutin. Biarkan rutinitas ini berjalan setidaknya 20 hari. Anda perlu terus mengingatkan diri bahwa sudah waktunya mengunjungi gym sekarang. Setelah berjalan 20 hari atau lebih, Anda tidak akan perlu mengingatkan lagi karena sudah ditanamkan pada pikiran bawah sadar Anda sebagai kebiasaan.
Artikel yang saya tulis diatas adalah cara mudah untuk tetap fokus. Mudah-mudahan bermanfaat dalam mengejar semua impian dan cita-cita Anda. Selamat mencoba.
www.bramardianto.com