slide

Selasa, 02 Februari 2016

Keunikan Orang Sunda

Keunikan Orang Sunda
PendawaCenter. Indonesia memang memiliki banyak sekali ragam suku, ras dan bahasa. Hal ini yang menjadikan Indonesia unik dimata dunia. Masing-masing suku mempunyai ciri dan keunikan sendiri-sendiri, seperti halnya orang Sunda sebagai suku asli dari Jawa Barat.
Karena kita tingga di daerah Jawa Barat, maka kami akan coba mengulas keunikan dari suku Sunda sebagai suku asli jawa barat. Mudah-mudahan menginspirasi pembaca sekalian.

Keunikan orang sunda :
  • Pertama, Nggak bisa ngomong ‘F’

Dalam kamus bahasa sunda sehari-hari bahasa Sunda memang tidak ada yang menggunakan huruf ‘F’ melainkan ‘P’, sehingga lidah orang sunda lebih terbiasa mengucapkan buny ‘P’ daripada bunyi ‘F’. meskipun dalam mengaji dapat melafalkan ‘F’ dengan benar, namun dalam percakapan sehari-hari dialek sunda tidak bisa dilepaskan, sehingga kamu akan mendengar ‘Pitnah’ bukan ‘Fitnah’, kata ‘maaf’ akan terdengar ‘maap’.

  • Kedua, Karakter dan sifatnya Humoris

Sifat bawaan orang sunda memang humoris dan periang, suka bercanda dan membuat lawakan. Meskipun tidak semua orang demikian, akan tetapi sifat dasar tersebut mayoritas dimiliki oleh orang sunda. Sule, Aming, dan Oni (SOS) adalah keturunan Sunda Bandung. Jiwa lawaknya yang dimiliki terus diasah membuatnya terkenal dan bisa menghibur banyak orang.
  • Ketiga, Orang sunda Kreatif

Kreatifitas orang sunda banyak di tuangkan dalam sebuah karya. Misal saja T-Shirt Bandung yang tersebar di sudut-sudut kota bandung, oleh karenannya disebut rajanya kaos. Selain itu ada juga beraneka ragam makanan asal jawa barat, begitu juga dengan senimannya yang banyak terkenal di nusantara, termasuk juga seniman musik angklung, dimana angklung sudah dikenal luas oleh dunia sebagai alat musik yang unik dan kreatif dari Jawa Barat. Hal inilah yang menunjukkan ternyata orang sunda kreatif.
  • Keempat, Sopan tapi tidak takut alias ‘pemberani’

Dialek bicara orang sunda memang terkenal halus dan sopan saat berbicara dengan bahasa Indonesia. Misalnya saja daerah sekitar Priangan selatan dan tengah, kita akan menemukan sunda dengan bahasa dan dialek yang halus sekali. Hal ini berbeda dengan sunda yang berada di daerah utara berbatasan dengan Banten atau berbatasan dengan jawa. Karakter dan bahasa mereka kurang begitu halus namun memiliki keunikan masing-masing.
  • Kelima, Orang sunda religious

Masyarakat sunda pada umumnya selalu bersikap terbuka. Inilah barang kali yang membuat mudahnya Islam masuk ke tanah sunda begitu cepat. Begitu pula keterikatan orang sunda dengan Islam lebih kuat daripada suku Jawa, meskipun tidak sekuat  dengan Bugis dan Madura.
  • Keenam, Bagi kalangan tertentu mereka punya kata khusus

Contoh :
Untuk orang yang lebih muda : “Neng, emam heula !” nak, artinya makan dulu !
Untuk yang lebih tua : “Mangga atuh aki tuang heula !” artinya silahkan kakek makan dulu !
Untuk diri sendiri : “abdi nuju neda”, artinya saya sedang makan.
  • Ketujuh, Belum makan nasi, ya belum dikatakan makan

Mungkin orang sunda sangat mempercayai doktrin makanan pokok orang Indonesia ya nasi. Sehingga kalau mereka jam 7.00 pagi makan gorengan, jam 10.00 makan singkong rebus, kemudian jam 12.00 makan surabi, lalu ditanya “sudah makan belum?” mereka akan mengatakan belum. Jadi yang mereka makan tadi bukan dihitung sebagai makan. Makan ya harus pakai nasi, kalau tidak ya belum pantas disebut makan. Orang sunda mencerminkan sifat orang Indonesia pada umumnya.
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Pendawa Center menyediakan fasilitas :
-Penginapan
-Aula
-Pelatihan dan Workshop
-Meeting room
-Outbond
-Gathering

Cocok buat kamu yang suka beraktifitas dengan organisasimu di luar area kampus.

Nyaman, adem, hijau dan asri. Inilah Puncaknya Parung. Mari berkunjung ke Pendawa Center.....