slide

Senin, 01 Februari 2016

Membaca karakter diri dengan Al-qur’an. Apa bisa??

Membaca karakter diri dengan Al-qur’an. Apa bisa??
PendawaCenter. Al-quran sebagai kitab suci agama Islam adalah kitab yang sarat dengan berbagai macam ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut salah satunya adalah tentang psikologi. Tidak secara gamblang Al-qur’an membahas tentang psikologi, melainkan ada hal-hal yang tersirat melalui penafsiran-penafsiran yang sifatnya perkiraan dengan pengkajian karakter surat secara teliti dan mendalam.

Apakah bisa Al-qur’an melihat psikologi dalam hal ini karakter seseorang?
Sangat mungkin. Melalui pendekatan angka (‘adadi), struktur surat, terkandung rahasia-rahasia Al-qur’an yang coba di kuak oleh ulama melalui pengamatan yang mendalam. Sehingga dengan melihat tanggl lahir dapat terbacanya karakter seseorang. Teori ini dikembangkan oleh bpk. Luqman Soemabrata sebagai pegiat ilmu-ilmu Al-qur’an yang banyak mendalami rahasia-rahasia di balik Al-qur’an.

Ini adalah bersifat teori yang harus terus di asah  kebenarannya oleh perputaran waktu. Jika pada suatu saat teori ini banyak kebenarannya maka kemukjizatan al-qur’an  semakin terkuak. Jika teori ini meleset  bukan salah al-qur’an, tapi salah dalam observasi, pengamatan dan istinbath (ksimpulan)

Baiklah, berikut kami sajikan beberapa karakter dari tanggal lahir seseorang.

Tanggal 1
  1. Orang yang lahir pada tanggal 1 memiliki padanan dengan juz 1 yang memuat dua surat, Al-fatihah dan Al-baqarah. Orang ini insyallah ….
  2. Menyukai hal baru, artinya dia adalah tipe orang yang suka tantangan, selalu ingin mengupdate diri sehingga dia menjadi pribadi yang mudah berkembang dalam situasi apapun.
  3. Berbakat menjadi pemimpin, artinya dia punya naluri leadership yang baik. Bisa jadi sosok seperti ini memiliki indicator semacam suka berorganisasi, suka bergaul, pandai menggerakkan masa, mudah membuat isu dan lain sebagainya.
  4. Seorang pionir (pelopor) idealis, artinya dia adalah sosok yang teguh pendirian, tidak mudah goyang oleh orang lain, mempunyai pikiran yang matang.
  5. Cenderung ingin sempurna, memiliki sifat perfeksionis, artinya ingin selalu tampil sempurna, keadaan yang sempurna, hasil yang sempurna.
  6. Pandai memanfaatkan kesempatan, ia adalah orang yang bisa mengambil hati banyak orang dalam setiap kesempatan, untuk itu ia menjadi orang yang terpandang.
  7. Harus selalu jadi prioritas utama namun juga egois dan sering mengulangi kesalahan  yang sama.
  8. Orang yang belum mengenalnya akan mengira sebagai sosok yang angkuh dan suit di taklukkan.


Tanggal 2, berlanjut hari esok yaa sobat……
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++