Alasan Menunda Pekerjaan, Kenali dan Atasi
Menunda pekerjaan bukanlah kebiasaan baik yang perlu berlama-lama kamu
pertahankan. Karena dengan menunda pekerjaan kamu akan banyak melewatkan
hal-hal penting yang semestinya bisa kamu kerjakan malah tidak bisa kamu
kerjakan. Momen yang terlewat adalah kesempatan emas yang bisa saja datang
tanpa diduga-duga.
Untuk mengatasinya kamu sebenarnya hanya butuh tau apa saja alasan
kebiasaan orang menunda pekerjaan, sehingga kamu dapat menentukan strategi jitu
apa yang dapat kamu pakai. Ingat ! asumsikan dalam dirimu ada hal baru yang
harus kamu lakukan hari esok yang akan membuatmu makin cemerlang.
Berikut alasan dan cara mengatasi penyakit menunda pekerjaan:
1. Kehabisan tenaga
Apakah kamu adalah orang yang mempunyai aktifitas super sibuk? Pekerjaan
yang kamu kerjakan dari pagi hingga sore hari tak kunjung habis??
Bisa jadi kehabisan tenaga melakukan pekerjaan yang menumpuk
membuat kamu kelelahan lalu tidak produktif. Ingat ! tidak semua pekerjaan itu
penting semua, dan tidak semua pekerjaan itu tidak penting semua. So, tentukan
skala prioritas mana yang harus kamu kerjakan duluan. Karena semua pekerjaan
ada nilai skalanya. Lalu siapa yang mengukurnya? Tentu kamu sendiri yang lebih
mengetahui. Dengan begitu pekerjaan yang paling penting akan terselesaikan
tepat pada waktunya.
2. Stress
Stres dapat membuat kamu tidak produktif dalam pekerjaan. Bisa jadi
karena rumitnya pekerjaan, jadwal kesibukan menumpuk, sehingga membuat kamu pusing
dan stress. Alasan inikah yang kamu gunakan untuk menunda pekerjaan?
Langkah pertama, identifikasi apa yang membuatmu stress.
Langkah kedua, pikirkan hal menarik apa yang paling kamu sukai. Mungkin
jalan-jalan, sehingga dengan jalan-jalan kamu merasa bahagia dan hilang stress
itu? So, lakukan segera!
Langkah ketiga, hindari masalah penyebab kamu sering stress. Dengan
pandai menghibur diri sekreatif mungkin akan menjadikan kamu tidak mudah
stress.
3. Tidak Tahu Mulai Dari Mana
Pekerjaan kamu tidak kelar-kelar? Kemarin saja belum selesai ditambah
lagi hari ini dan besok. Saking banyaknya pekerjaan, kamu tidak tahu harus
mulai darimana. Dengan alasan tersebut membuat kamu menundanya dalam waktu yang
cukup lama.
Oke, stop. Hentikan penundaan itu. Kamu butuh membuat list
pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Cara ini akan dapat membantu kamu
menyelesaikan tumpukan pekerjaan tadi.
4. Malas
Malas memang bisa datang kapan saja. Apalagi bagi tipe orang
pemalas biasanya frekwensi datangnya rasa itu tidak lebih padat. Pada umumnya penyebabnya
adalah karena aktifitas pekerjaan yang monoton, tidak ada yang berbeda dari
hari biasanya.
Hal itu dapat kamu atasi dengan membuat tantangan pada pekerjaanmu.
Buat motivasi dalam diri jika kamu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat kamu
akan punya lebih banyak waktu untuk keluarga, atau mau cepat berlibur dan lain
sebagainya. Pandai-pandailah momotivasi diri sendiri.
5. Merasa Keterampilan Kurang
Bagi para karyawan yang terkadang diberikan tugas berat oleh bos
hal ini sering terjadi. Berat dan sulinya pekerjaan tersebut membuat mereka
sulit untuk memulainya. Apa hal ini terjadi juga pada diri kamu? Bagaimana mengatasinya?
Rasa percaya diri dalam menyelesaikan
pekerjaan itu penting. Jika kamu merasa tidak mampu menyelesaikannya, katakana pada
dirimu ‘saya bisa’. Kemudian coba bertanya pada senior, rekan kerja, atau
atasan. Pasti mereka dengan senang hati mau membantu kamu memberikan penjelasan
agar kamu paham dan dapat menyesaikannya pekerjaan dari bos penuh semangat dan
rasa percaya diri.
6. Memiliki sifat perfeksionis
Perfeksionis adalah sifat ingin mencapai sesuatu dengan hasil sempurna. Memiliki sifat
perfeksionis bagi karyawan sangat penting untuk hasil pekerjaan yang baik. Namun
terlalu perfeksionis juga tidak baik bagi kamu dan bagi perusahaan. Terlalu
perfeksionis akan membuatmu banyak menunda pekerjaan dibelakang sana karena
fokusmu hanya pada satu pekerjaan yang ingin kamu sempurnakan sebaik mungkin.
Kamu harus tetap kontekstual, tentang waktu dan tentang pekerjaan
lain. Jika ada banyak projek yang harus segera juga kamu tangani maka kamu
hanya butuh menyelesaikannya secepat mungkin pekerjaan pertama. Bukan berarti
kamu tidak menyelesaikan pekerjaan dengan
baik, tapi pekerjaan itu pasti tidak ada yang paling sempurna. Nantikan
bisa dilakukan perbaikan.
7. Menghabiskan waktu dengan media sosial
Menyibukkan diri dengan media sosial memang menjadi penyakit bagi
banyak orang khususnya anak muda. Terlalu menggandrungi media sosial seperti facebook,
twetter dan lain sebagainya tanpa mengenal waktu akan dapat membuatmu
menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan dalam waktu cepat.
Sebaiknya, kamu menyelesaikan dulu pekerjaan itu. Letakkan smartphonmu
dalam laci agak jauh dari ruang kerjamu.
Segera selesaikan, maka kamu akan dapat bersosialisasi kembali dengan teman
dunia maya mu itu.
1 komentar :
Bener bngt kak.....hmmmmmm.......akhirnya larinya ke medsos cari hiburan pasanh status dan akhirnya kerjaan ga kelar juga.......
Posting Komentar