slide

Selasa, 26 Januari 2016

Hindari kebiasaan mahasiswa seperti ini….

Hindari kebiasaan mahasiswa seperti ini….

Pendawacenter. Mahasiswa adalah pemuda penerus bangsa, pengubah nasib bangsa, yang tangguh dan siap menghadapi tantangan jaman, oleh karenanya disebut sebagai agent of change atau agen perubahan. Namun mahasiswa juga manusia biasa, kebanyakan masih mencari jati diri, sehingga banyak melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses pencariannya. Tidak masalah, yang lebih penting adalah menjadikan kesalahan-kesalahan tersebut menjadi sesuatu yang berharaga.

Kesalahan yang biasa sering terjadi pada mahasiswa adalah melakukan kebiasaan-kebiasaan kurang baik dalam kseharian namun tidak disadari bahwa kebiasaan tersebut tidak baik kelak untuk dirinya.  Apa kebiasaan buruk tersebut?
Harapannya lebih cepat kamu tahu apa kebiasaan buruk itu maka seharusnya lebih cepat pula kamu bisa menghindarinya. 
Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk menjadi mahasiswa sukses.
  • Suka menunda

Jangan sering melihat waktu dengan prinsip ‘besok masih ada waktu’. Sebab demikian akan membuat kamu menghabiskan waktu hari ini dengan sia-sia. Banyak pekerjaan yang seharusnya bisa hari ini kamu kerjakan malah tidak bisa kamu kerjakan akibat prinsip masih ada hari esok. Kalau bisa lakukan sekarang, kenapa harus nanti-nanti.

  • Tidak cukup tidur

Meskipun banyak tugas yang harus kamu kerjakan, cobalah untuk membuat rundown pekerjaan dan jadwal agar kamu bisa memenej waktu dengan baik. Luangkan waktu tidurmu untuk beberapa jam, jangan sampai tidak tidur sama sekali dalam sehari-semalam. Mungkin bagi sebagian orang biasa melakukan hal ini, tapi alangkah baiknya kamu hindari untuk menjaga agar badan tetap vit dan sehat. Kelelahan karena kurang tidur bisa saja membuat kamu tidak fokus menghadapi perkuliahan esok hari.
  • Terlalu santai diakhir pekan

Akhir pekan memang waktu yang paling ditunggu oleh anak kuliahan, setelah melakukan aktifitas memforsir otak untuk belajar dan berorganisasi. Melepas suntuk diakhir pekan sangatlah penting agar kamu merasa lebih relaks. Kamu bisa bersantai menghibur diri, boleh dengan refreshing pagi dan lain sebagainya.
Tapi ingat, jangan sampai terlalu santai sehingga membuat kamu melupakan pekerjaan atau tugas penting untuk kamu kerjakan pada saat weekend. Bersantailah sekedarnya, yang penting bisa melepas penat, setelah itu kerjakan hal penting lainnya.                         

  • Tidak Fokus Di  Kelas

Mungkin kamu mahasiswa yang suka bermain gadget saat di kelas. Meski bagaimanapun selain itu akan mempengaruhi konsentrasi dosen yang mengajar, juga akan membuat kamu tidak fokus terhadap materi yang disampaikan dosen. Mungkin materi itu terlihat seperti biasa saja, namun pasti ada hal-hal yang terlewatkan dan tidak kamu pahami. Bukankah hal demikian merugikanmu bukan?
  • Bolos kuliah

Sebagai mahasiswa yang baik sebaiknya kamu menghindari kebiasaan bolos kuliah. Mungkin pada saat yang sangat penting dan genting boleh-boleh saja bolos. Namun jika keadaan biasa saja, artinya tidak terlalu penting-penting amat jangan bolos. Sekali, dua kali bolos akan membuat kamu ketagihan melakukannya lagi dan lagi.

Akibat bolos kuliah, kamu akan tertinggal materi, apalagi dosen matakuliah itu sangat baik penjelasannya. Sebagai insan akademik tentu itu sangat merugikan bukan? Hargailah waktu kuliah sebaik-baiknya, dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan apa yang disebut ilmu yang berkah. Amiiin.