slide

Kamis, 14 Januari 2016

7 Alasan Menunda Pekerjaan : Kenali dan Atasi !

Alasan Menunda Pekerjaan, Kenali dan Atasi


Menunda pekerjaan bukanlah kebiasaan baik yang perlu berlama-lama kamu pertahankan. Karena dengan menunda pekerjaan kamu akan banyak melewatkan hal-hal penting yang semestinya bisa kamu kerjakan malah tidak bisa kamu kerjakan. Momen yang terlewat adalah kesempatan emas yang bisa saja datang tanpa diduga-duga.
Untuk mengatasinya kamu sebenarnya hanya butuh tau apa saja alasan kebiasaan orang menunda pekerjaan, sehingga kamu dapat menentukan strategi jitu apa yang dapat kamu pakai. Ingat ! asumsikan dalam dirimu ada hal baru yang harus kamu lakukan hari esok yang akan membuatmu makin cemerlang.
Berikut alasan dan cara mengatasi penyakit menunda pekerjaan:

1. Kehabisan tenaga
Apakah kamu adalah orang yang mempunyai aktifitas super sibuk? Pekerjaan yang kamu kerjakan dari pagi hingga sore hari tak kunjung habis??
Bisa jadi kehabisan tenaga melakukan pekerjaan yang menumpuk membuat kamu kelelahan lalu tidak produktif. Ingat ! tidak semua pekerjaan itu penting semua, dan tidak semua pekerjaan itu tidak penting semua. So, tentukan skala prioritas mana yang harus kamu kerjakan duluan. Karena semua pekerjaan ada nilai skalanya. Lalu siapa yang mengukurnya? Tentu kamu sendiri yang lebih mengetahui. Dengan begitu pekerjaan yang paling penting akan terselesaikan tepat pada waktunya.

2.  Stress
Stres dapat membuat kamu tidak produktif dalam pekerjaan. Bisa jadi karena rumitnya pekerjaan, jadwal kesibukan menumpuk, sehingga membuat kamu pusing dan stress. Alasan inikah yang kamu gunakan untuk menunda pekerjaan?
Langkah pertama, identifikasi apa yang membuatmu stress.
Langkah kedua, pikirkan hal menarik apa yang paling kamu sukai. Mungkin jalan-jalan, sehingga dengan jalan-jalan kamu merasa bahagia dan hilang stress itu? So, lakukan segera!
Langkah ketiga, hindari masalah penyebab kamu sering stress. Dengan pandai menghibur diri sekreatif mungkin akan menjadikan kamu tidak mudah stress.   

3. Tidak Tahu Mulai Dari Mana
Pekerjaan kamu tidak kelar-kelar? Kemarin saja belum selesai ditambah lagi hari ini dan besok. Saking banyaknya pekerjaan, kamu tidak tahu harus mulai darimana. Dengan alasan tersebut membuat kamu menundanya dalam waktu yang cukup lama.
Oke, stop. Hentikan penundaan itu. Kamu butuh membuat list pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Cara ini akan dapat membantu kamu menyelesaikan tumpukan pekerjaan tadi.

4. Malas
Malas memang bisa datang kapan saja. Apalagi bagi tipe orang pemalas biasanya frekwensi datangnya rasa itu tidak lebih padat. Pada umumnya penyebabnya adalah karena aktifitas pekerjaan yang monoton, tidak ada yang berbeda dari hari biasanya.
Hal itu dapat kamu atasi dengan membuat tantangan pada pekerjaanmu. Buat motivasi dalam diri jika kamu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat kamu akan punya lebih banyak waktu untuk keluarga, atau mau cepat berlibur dan lain sebagainya. Pandai-pandailah momotivasi diri sendiri.

5. Merasa Keterampilan Kurang
Bagi para karyawan yang terkadang diberikan tugas berat oleh bos hal ini sering terjadi. Berat dan sulinya pekerjaan tersebut membuat mereka sulit untuk memulainya. Apa hal ini terjadi juga pada diri kamu? Bagaimana mengatasinya?
Rasa percaya diri  dalam menyelesaikan pekerjaan itu penting. Jika kamu merasa tidak mampu menyelesaikannya, katakana pada dirimu ‘saya bisa’. Kemudian coba bertanya pada senior, rekan kerja, atau atasan. Pasti mereka dengan senang hati mau membantu kamu memberikan penjelasan agar kamu paham dan dapat menyesaikannya pekerjaan dari bos penuh semangat dan rasa percaya diri.

6. Memiliki sifat perfeksionis
Perfeksionis adalah sifat ingin mencapai  sesuatu dengan hasil sempurna. Memiliki sifat perfeksionis bagi karyawan sangat penting untuk hasil pekerjaan yang baik. Namun terlalu perfeksionis juga tidak baik bagi kamu dan bagi perusahaan. Terlalu perfeksionis akan membuatmu banyak menunda pekerjaan dibelakang sana karena fokusmu hanya pada satu pekerjaan yang ingin kamu sempurnakan sebaik mungkin.
Kamu harus tetap kontekstual, tentang waktu dan tentang pekerjaan lain. Jika ada banyak projek yang harus segera juga kamu tangani maka kamu hanya butuh menyelesaikannya secepat mungkin pekerjaan pertama. Bukan berarti kamu tidak menyelesaikan pekerjaan dengan  baik, tapi pekerjaan itu pasti tidak ada yang paling sempurna. Nantikan bisa dilakukan perbaikan.

7. Menghabiskan waktu dengan media sosial
Menyibukkan diri dengan media sosial memang menjadi penyakit bagi banyak orang khususnya anak muda. Terlalu menggandrungi media sosial seperti facebook, twetter dan lain sebagainya tanpa mengenal waktu akan dapat membuatmu menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan dalam waktu cepat.
Sebaiknya, kamu menyelesaikan dulu pekerjaan itu. Letakkan smartphonmu dalam laci  agak jauh dari ruang kerjamu. Segera selesaikan, maka kamu akan dapat bersosialisasi kembali dengan teman dunia maya mu itu.





1 komentar :

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut
sodrun mengatakan...

Bener bngt kak.....hmmmmmm.......akhirnya larinya ke medsos cari hiburan pasanh status dan akhirnya kerjaan ga kelar juga.......