slide

Kamis, 07 Januari 2016

Mengusir Rasa Malas Setelah Libur Panjang

Kiat Mengusir Rasa Malas Setelah Libur Panjang

Libur panjang merupakan saat yang dinanti-nanti oleh setiap orang. Datangnya momen ini banyak dimanfaatkan untuk mengisi waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Penat, stress dan pikiran ruwet tidak karuan saatnya untuk di buang ketika  liburan. Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan, misalnya refreshing ke Puncak, Camping, Jalan-jalan, ke pantai, belanja, dan lain sebagainya.

Sayangnya, setelah liburan panjang itu berakhir ada hal yang tidak kita inginkan yaitu “rasa malas” yang luar biasa. Sepertinya ingin menikmati libur sepanjang hidup dan tidak ingin terbebani dengan masalah-masalah pekerjaan. Namun itu tidak mungkin bukan, jikalau anda  berhenti dari pekerjaan anda. Bagaimana anda akan berlibur setiap waktu sedangkan anda harus membahagiakan keluarga, salah satunya dengan memberi nafkah materi. Tentu pilihan berlibur sepanjang hari adalah pilihan konyol.

Lalu buat apa bekerja jika tidak ada semangat dan gairah bekerja ? tentu hasilnya tidak akan maksimal.
Berikut adalah 5 tips cara menghilangkan rasa malas setelah libur panjang.

  • Bersyukur

Di luar sana banyak sekali orang pengangguran, apalagi sebagian dari mereka adalah sarjana alias pengangguran terdidik. Seperti data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015 ada 7,56 juta pengangguran di Indonesia. Kemudian jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu sebanyak 320.000 orang yang sebagian dari mereka lulusan perguruan tinggi. Bukan berarti mereka tidak memiliki skill, bisa jadi mereka adalah orang-orang yang tidak seberuntung anda.
Artinya ada banyak orang di luar sana yang mengidam-idamkan pekerjaan seperti yang anda punya saat  ini. Apakah anda tidak lebih banyak bersyukur ketika melihat mereka yang sedang susah mencari pekerjaan sedangkan anda sudah mapan dengan posisi saat ini ? anda dapat menghidupi keluarga, menyenangkan anak, mengajak berlibur dan lain sebagainya. Tidak bersyukurkah dengan itu??
Dengan anda banyak bersyukur kepada tuhan akan terasa indah kehidupan ini, dan mulai nampak jelas batapa tuhan sayang pada kita.

  • Tentukan liburan selanjutnya

Meskipun liburan kali ini baru saja berakhir tidak ada salahnya menentukan lokasi berlibur selanjutnya. Tentunya anda harus berpikir lokasi yang belum pernah anda dan kelauarga kunjungi bukan ? selain itu anda juga harus mempersiapkan berapa biaya berlibur nanti. Semua harus anda rencanakan jauh-jauh hari, terutama soal biaya. Untuk itu anda harus bekerja keras agar dapat mencukupi semua biaya tersebut.
Dengan begitu anda akan semangat bekerja, tidak mudah lelah karena dorongan motivasi dari dalam diri anda selalu positif untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai, tidak hanya buat anda tapi buat orang-orang yang anda cintai.
  • Buat target karir

Malas harus di bumi hanguskan dalam diri anda segera dan secepat mungkin. Kalau bisa lakukan saat ini dan detik ini juga. Bagaimana caranya ?
Impikan satu jabatan tertentu yang anda inginkan. Gambarkan dengan jelas di benak anda, kemudian tentukan langkah-langkah agar anda dapat menempatinya. Tentunya bukan dengan cara yang tidak baik. Melainkan anda harus memiliki prestasi di tempat bekerja saat ini. Maka anda akan mudah ditawarkan atau dipromosikan menempati satu jabatan yang anda idamkan itu.
Nah, dengan begitu anda akan terpacu  bekerja segiat mungkin, serapih mungkin dan tentunya se enjoy mungkin.

  • Make over

Pernah mencoba hal baru yang terkadang sedikit nyleneh. Ya, anda perlu melakukan hal yang tidak biasa, tidak biasa anda lakukan. Seperti merubah potongan rambut, cara berbusana, warna baju, celana dan penampilan lainnya. Mungkin dengan sedikit mengundang perhatian orang disekitar anda yang tidak biasa melihat gaya baru tersebut dapat memotivasi anda untuk happy saat masuk kantor.
Mungkin dengan mencuri perhatian dari orang lain menjadi satu strategi penting untuk meningkatkan kembali semangat bekerja anda. Semua orang tentu punya beban akan tanggung jawab tertentu, dan pasti dapat menimbulkan stress dan kebosanan. Namun yang lebih penting adalah pandai-pandai memotivasi diri, bekerja lebih smart, tidak terlalu keras tapi target selalu tercapai. Jangan lupa manfaatkan orang disekiling anda untuk dapat membantu anda meningkatkan gairah bekerja.

  • Membuat Tantangan Untuk Diri Sendiri

Bagi anda yang menyukai tantangan tentu sudah biasa satu persatu dapat menyelesaikan banyak tantangan. Berbeda halnya bagi orang yang tidak pernah membuat tantangan, padahal membuat tantangan untuk diri sendiri dapat memacu semangat bekerja lohh.
Tantangan bukan saja datang dari luar tapi juga bisa dari dalam diri. Kalau takut pada tantangan cobalah untuk memaksa diri mengerjakan sesuatu yang lebih sebagai sebuah hasil baru yang dapat anda banggakan. Missal, dalam pekerjaan anda ditugaskan membuat laporan keuangan. Kebiasaan dalam pekerjaan anda menyelesaikan dalam waktu satu minggu atau bahkan tunggu ditagih dulu. Coba menantang diri mengerjakan dalam waktu secepat mungkin, buat target hari anda akan menyelesaikannya. Jika anda berhasil maka rasakanlah nikmatnya merampungkan tugas yang berat lebih cepat dari biasanya.