slide

Senin, 09 Mei 2016

Ini Loooooh.......13 Moment Yang Bikin Calon Wisudawan Atau Mantan Wisudawan Tersenyum Dan Menangis Sendiri


Ini Loooooh.......13 Moment Yang Bikin Calon Wisudawan Atau Mantan Wisudawan Tersenyum Dan Menangis Sendiri

Pendawa Center- Untuk mencapai gelar sarjana, mendapatkan ijazah, dan sukses melamar pekerjaan, para anak muda harus melewati serangkaian tahap panjang, proses berliku yang tak hanya menguras uang, tapi juga tenaga, waktu, dan pikiran.
Jika kamu pernah jadi mahasiswa, tentu kamu tidak akan melupakan perjuangan untuk bisa memakai toga. Tidakkah kamu merindukan momen-momen itu?
Misalnya seperti ini;
1. Pusing Mikir Topik Penelitian
Setiap mahasiswa pasti akan dibuat bingung dengan penelitian apa yang akan dijalani. Tentu baiknya memilih topik yang disukai dan dikuasai.
Namun, akan lain ceritanya jika topik ditentukan oleh dosen pembimbing, sedangkan kita tidak menyukainya sama sekali.
2. Perjuangan Ajukan Judul dan Proposal
Kalau kita berhasil memilih topik yang sekiranya mudah, dan sangat disuka, belum tentu dosen pembimbing akan setuju dengan topik penelitian yang kamu pilih.
Dalam hal ini, biasanya mahasiswa akan dibuat pusing atas kemauan dosen yang kadang membingungkan.
3. Mulai Kerjakan Skripsi
Inilah perjuangan mahasiswa yang sebenar-benarnya. Skripsi bukanlah soal nilai, tapi soal kesungguhan, kerja keras, dan manajemen diri.
Ujian terberat mahasiswa ada pada tahap akhir ini, yang kelak akan menentukan kelulusan secara akademik, maupun secara pengelolaan terhadap diri sendiri.
4. Laptop adalah Sahabat Terbaik
Tugas, laporan, skripsi, tidak bisa diselesaikan tanpa laptop. Dulu, sebelum teknologi berkembang, tugas bisa ditulisa tangan atau diketik dengan mesin tik. Sekarang, setiap mahasiswa mayoritas punya laptop.
Laptotp adalah teman terbaik, setia, dan selalu ada ketika dibutuhkan. Ialah yang menemani para mahasiswa setiap malam untuk menyelesaikan tugas-tugas akademiknya.
5. Perpustakaan Jadi Rumah Kedua
Setelah kamar kos, perpustakaan adalah tempat bernaung kedua bagi mahasiswa yang akan segera mendapatkan gelar sarjana.
Di perpustakaan, mahasiswa akan menemukan ketenangan dalam menyelesaikan tugas akhirnya, sekaligus mendapatkan literatur yang dibutuhkan.
6. Revisi Setiap Hari
Setelah skripsi dikerjakan, ada lagi ujian selanjutnya, yaitu revisi. Perbaikan skripsi ini bisa berlangsung lama atau lambat, tergantung kesungguhan kita dan kesibukan dosen.
Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang harus mempertebal keimanan karena segala sesuatunya benar-benar di luar kendali kita.
7. Dilema Dosen Pembimbing
Belum selesai soal revisi, sudah ada masalah baru dengan dosen pembimbing. Masalah yang muncul biasanya berkaitan dengan hasil penelitian yang sesuai dengan kemauan dosen atau tidak.
Masalah lainnya, waktu bertemu dosen yang sulit, data penelitian yang salah, sampai bikin mahasiswa baper. Pokoknya kalau mengerjakan skripsi tidak menguras air mata, rasanya belum afdhol.
8. Acc Sidang
Begitu skripsi di acc, kamu siap untuk sidang, rasanya legaaaaa. Meskipun perjuangan belum berakhir. Setidaknya, kamu sudah tinggal selangkah lagi untuk sampai pada prosesi wisuda.
Malam sebelum sidang, pasti rasanya seperti di dalam oven. Panas, dag-dig-dug, gugup, gelisah, harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan dosen.
9. Dibantai Dosen Penguji
Sudah pasti momen sidang adalah waktu yang tepat untuk membantai mahasiswa. Di sinilah kita akan diuji sejauh mana penguasaan terhadap bidang keilmuan yang sudah dipelajari selama 4 tahun.
10. Revisi Akhir Skripsi
Sudah selesai sidang, kelegaan bertambah. Sekarang tinggal revisi akhir menuju perbanyakan skripsi. Di sini juga masih terjadi proses panjang sampai acc dosen didapatkan.
11. Urus Wisuda
Setelah selesai revisi, skripsi siap diperbanyak, saatnya mendaftar wisudaaa! Wuah, inilah momen yang paling kita tunggu. Bersiap menjadi sarjana dengan gelar khusus tersemat di belakang nama kita.
12. Salaman dengan Rektor
Ketika prosesi wisuda, apa yang paling ditunggu mahasiswa? Yap, bersalaman dengan rektor. Kapan lagi bisa berdekatan dengan beliau? Ini momen langka, sekali seumur hidup
13. Hadapi Dunia Kerja
Alhamdulillah, selesai sudah perjuangan menjadi mahasiswa. Meskipun perjuangan sesungguhnya belum selesai, justru baru akan dimulai.
Sekarang, di sinilah kita berada. Bersiap memasuki gerbang dunia pasca kampus, kehidupan yang sebenarnya, proses yang lebih berliku, panjang, dan terjal.
Diambil dari: www.tandapagar.com